MOTIVASI

18 Rahasia Sukses Anthony Robbins
dalam Seminar

1. Rahasia Pertama
Melibatkan Audien dalam presentasi secepat mungkin

2. Rahasia Kedua
Komitmen untuk memberi audien lebih dari yang mereka harapkan

3. Rahasia Ketiga
Secara konstan up grade materi anda untuk memastikan bahwa anda memberikan informasi yang terbaik kepada audien anda

4.  Rahasia Keempat
Jangan mengingat / menghafalkan materi dan pembicaraan anda,maka jadilah produk dari materi anda
5. Rahasia Kelima
Lakukan hubungan dengan audien anda melalui beberapa cara seperti humor,kisah hidup,cerita,body language dll

6. Rahasia Keenam
Ingatlah bahwaapa yang anda jual ( sampaikan )bukan hanya kata-kata tapi perasaan dan emosi 

7.Rahasia Ketujuh
Jika andaingin berbicara dengan perasaan, anda harus menjadi penuhtentang topik anda

8. Rahasia Kedelapan
Gunakan tubuh andauntuk mendukung apa yang anda sampaikan

9. Rahasia Kesembilan
Gunakan nada suara untuk menciptakan variasi emosi melalui presentasi anda

10.Rahasia kesepuluh 
 Humor adalah pelumas yang membantu pesananda lebih lembut

11. Rahasia kesebelas
Pastikan bahwa anda telah melakukan segala upaya yang bisa anda perbuat membuat topik anda menjadi relevan dan bermanfaat bagi audien anda

12. Rahasia Kedua belas
Beriaudien anda contoh yang spesifik jelas konsekuensi apa yang terjadi jika mereka tidak segera "take action" terhadap pesan anda.Mengikuti pesan anda akan memberi merekamanfaat nyata yang akan mereka terima jika mereka melakukan apa yang anda sampaikan.

13. Rahasia Ketiga belas
Cara yang paling efektif untuk mengilustrasikan pesan anda adalah melalui kekuatan sebuah cerita

14. Rahasia keempatbelas
Anda tidak harus menjadi sempurna dalam berbicara. Pesan atau cerita yang penuh emosi dan energy yang akan selalu diingat audien

15  Rahasia Kelima belas
Jalan untuk menjadi pembicara terbaik adalah berbicara sesering mungkin,sesering anda bisa

16.  Rahasia Keenam belas
Seluruh hidup anda berubah disaat anda mengambil keputusan dalam hidup anda

17.  Rahasia ke tujuh belas
 Buatlah impian goal dan apa yang anda inginkan dalam bentuk tertulis

18.  Rahasia Ke delapan belas
Kunci untuk mencapai goal anda adalahanda membuat sesuatu menjadi harus dan buatlah diri anda tidakbisa hidup tanpa goal anda.


FAKTOR "U"


Siapa Mark Zuckerberg? dia adalah pemilik situs jejaring sosial paling kondang di dunia, Facebook, sukses menjadi multi-milyarder di usia muda. Idenya membuat jejaring sosial dengan berbagai fitur menarik. Selain faktor privasi yang bisa disesuaikan (customize), Facebook telah menyingkirkan berbagai situs pertemanan yang telah populer sebelumnya seperti, Friendster. Bahkan situs terakhir itu sudah tak terdengar lagi riwayatnya.


Berbeda dengan Sanders, sang “Kolonel Ayam” sukses – jika kekayaan yang menjadi ukuran – harus jatuh bangun didera berbagai masalah kehidupan, sebelum akhirnya menjadi pemilik waralaba ayam goreng yang mendunia. Sang Kolonel yang meskipun punya hobby memasak mesti bersusah payah dulu memperkenalkan ayam dagangannya ke seantero kota di Amerika. Bahkan dia harus menggelar demo memasak ayam dengan metode dan resep asli miliknya di berbagai tempat. Ayamnya sendiri, kemudian dibagikan gratis kepada pengunjung.
Zuckerberg dan Sanders adalah dua profil sukses yang berbeda. Zuckerberg meskipun dropped out  dari Harvard College – merupakan bagian dari universitas paling bergengsi di AS, Harvard University – bisa kaya di usia belia. Sedangkan Kolonel baru menikmati jerih payahnya setelah berusia hampir 80 tahun. Mana yang lebih baik?
Menjadi sukses merupakan tujuan hidup setiap orang. Masalahnya, kapan sukses itu bisa diraih ? Sementara, waktu, energi, sumber daya dan kesempatan sangat terbatas. Apalagi semua “modal” untuk sukses itu sangat jarang bisa dimiliki dalam saat yang bersamaan. Diyakini pula proses menggapai sukses itu tidaklah mudah. Meski ada juga generasi pewaris kerajaan bisnis yang terlihat sukses tanpa harus memulainya dengan kerja keras dan atau cerdas. Tapi percayalah, keberhasilan itu tidaklah instan.
Hal itulah yang dialami kebanyakan pebisnis karier yang sukses. Kolonel Sanders atau aslinya Harland David Sanders walaupun punya hobby memasak tak pernah bermimpi menjadi pebisnis. Masa kecil dilaluinya kurang bahagia. Keluarganya bangkrut, broken home  dan Sanders kecil pernah mengalami kekerasan yang dilakukan oleh ayah tirinya.





Setelah menjalani berbagai peristiwa pahit dalam hidupnya, di usia 40 tahun barulah dia mencoba mempraktikkan keahliannnya memasak di sebuah sentra pelayanan lokal dengan menyajikan steak dan ayam goreng sebagai menu andalannya. Namun, nasib baik belum menghampirinya. Usahanya bangkrut dan saat berumur 65 tahun dia harus hidup dari jaminan sosial.
Modal yang diperolehnya dari jaminan sosial itu kemudian digunakannya memulai usaha rumah makan berkapasitas 142 kursi di sebuah motel. Dia menemukan metode baru memasak ayam, dengan menggunakan wajan bertekanan, yang membuat ayam lebih cepat matang dibanding bila memakai penggorengan biasa. Seorang kritikus makanan kondang yang mengunjungi retoran itu secara diam-diam, memujinya dan merekomendasikannya sebagai “Adventures of Good Eating” melalui sebuah publikasi.
Kepopularan Kolonel semakin meningkat, seiring dengan demo memasak ke berbagai kota yang digiatinya pula. Sebelum akhirnya menjual bisnisnya kepada sebuah perusahaan dan memutuskan pindah ke Canada, Sanders telah menjadi seorang milyarder. Kehidupan sosialnya berada di kalangan elit sosialita AS dan Kanada serta dinobatkan menjadi “Sang Kolonel Kentucky” oleh Gubernur negara bagian tersebut.
Zuckerberg dan Sanders merupakan figur sukses dari generasi yang berbeda. Meskipun tampak masa mencapai kesuksesan itu tampak berbeda, namun sebenarnya sama saja.  Zuckerberg sukses di usia muda, karena memiliki visi yang jelas dalam pengembangan situs jejaring sosialnya. Sedangkan Sanders baru menemukan ‘visi’ kesuksesannya baru pada usia 40 tahun lebih. Artinya, apa yang dikatakan orang, faktor “U” (usia) berpengaruh pada kesuksesan seseorang sama sekali tidak terbukti. Visi seseoranglah yang menentukan kesuksesan dalam kehidupannya.
Visi itu sendiri adalah suatu pemikiran tentang kondisi ideal yang diinginkan oleh seseorang. Pemikiran tersebut umumnya sebuah simpulan dari pengalaman, pendidikan, latar belakang kehidupan, imajinasi serta kreatifitas yang dimilikinya. Jika gambaran tentang kondisi ideal itu telah ditetapkan maka tinggal kerja keras dan, cerdas tentunya, dengan memanfaatkan semua kemampuan dan sumber daya, baik dari luar atau yang dimilikinya.
Sebuah visi akan menjadi motivasi ampuh dalam memicu segala aktifitas untuk pencapaiannya.  Seperti yang pernah dikatakan oleh Bill Gates, pencetus Sestim Operasi Windows, dalam bukunya The Road Ahead, “If you have a clear vision, you will even forget your breakfast.”  Dan itu berlaku bagi setiap orang berapapun biasanya.



Hutang Itu Mulia :  

Pada saat mengisi sebuah seminar, ada pertanyaan dari seorang peserta seminar, “Pak kenapa menurut bapak hutang itu mulia, bukannya kalo hutang kita malah menambah beban pengeluaran tiap bulan” saya jawab dengan ringan “ hutang itu mulia, karena kalo kita berutang apalagi kepada bank, maka tiap bulan kita pasti membayar angsurannya yang dapat digunakan untuk membayar gaji dan bonus pegawai bank. Coba saja kalo tidak ada orang yang ngutang ke bank, terus pegawai bank gajiannya dari mana? Dan berarti juga kita mempunyai sifat sebagai pemberi (membayar angsuran) yang lebih mulia daripada penerima”.

Action :
Sepasang kekasih sedang dalam kendaraan berduaan. Si cowo sambil nyetir bertanya pada kekasihnya, “dik, boleh abang pegang jarinya dik?”, si cewe diam saja, kemudian si cowo melanjutkan, “dik, boleh abang pegang tangannya dik?”, si cewe diam saja. Seolah mendapatkan persetujuan si cowopun melanjutkan, “dik, boleh abang pegang pahanya dik?”, si cewe tetap diam saja. Seperti mendapat angin segar, si cowo berkata lagi, “dik boleh abang pegang”, tiba-tiba “Plak..plak..plak” si cewe menempeleng cowonya sambil berkata, “Abang kebanyakan omong kapan pegangnya”.
Rupanya kebanyakan omong tidak action, action percuma. Sama seperti bisnis, kalo kebanyakan omong tidak action maka tidak akan menghasilkan apa-apa.

Memulai Usaha Seperti Masuk Kamar Mandi :

Saya sering memberi contoh bahwa memulai usaha itu sebaiknya sama seperti masuk ke kamar mandi. Dimana persamaannya? Memulai usaha sebaiknya jangan terlalu banyak dipikir, sebab kalo terlalu banyak dipikir tidak akan mulai-mulai. Sama seperti masuk kamar mandi. Tidak ada orang yang sebelum masuk kamar mandi berpikir dahulu, misalnya apakah mandi saya akan sukses nanti, apakah sabunnya sudah ada atau belum, apakah nanti airnya cukup atau tidak?
Itulah persamaannya, jadi memulai usaha sama dengan masuk ke kamar mandi, tidak usah terlalu banyak dipikir. Kalo ternyata saat masuk kamar mandi sabunnya tidak ada tinggal keluar lagi ambil sabun, kalo handuknya ketinggalan tinggal teriak minta tolong diambilkan handuk. Begitu juga bisnis, tidak perlu terlalu banyak dipikir, karena kalo terlalu banyak dipikir, maka tidak akan buka usaha, tapi kalo sudah dibuka usahanya, maka pasti akan mikir juga. Selamat memulai usaha. 

Cocok, Langsung Tawar :


Saya sering mencontohkan cara praktis memulai usaha. Bila kita ingin mulai usaha biasanya langkah pertama adalah mencari lokasi usaha. Maka segeralah mencari lokasi untuk usaha. Bila ada yang cocok dengan keinginan dan persyaratan yang kita mau, maka segera saja ditawar. Seorang peserta seminar bertanya, “pak bagaimana kalo kita tidak punya uang saat menawar tempat usaha, atau ruko tersebut?”, “namanya manawar kan tidak pake uang pak, hanya latihan menawar sebagai latihan tahap awal menjadi pengusaha, dan usahakan nawarnya yang kira-kira tidak diterima oleh pemiliknya, kan kita baru latihan. Misalnya bila harga sewa ruko Rp. 30jt/tahun, maka ditawar saja Rp. 15 jt/tahun, pasti tidak dikasi sama pemiliknya” demikian jawab saya. 
“Bagaimana, kalo ternyata sama pemiliknya dikasi Rp. 15jt/tahun pak?” si peserta seminar bertanya lagi. “ Wah kalo begitu, kita harusnya marah sama pemiliknya, kok baru ditawar sekali langsung dikasi, tapi jangan khawatir, bila kita bawa uang Rp. 100ribu, boleh kita berikan kepada pemiliknya sebagai tanda jadi, berarti sisanya adalah Rp. 14,9 jt. Dimana-mana yang namanya sisa pasti lebih mudah mencarinya” demikian jawaban saya.

Optimis vs Pesimis :

Pengusaha biasanya selalu optimis dan tidak pesimis, karana OPTIMIS adalah singkatan dari : Oke Pasti Tidak Miskin, dan PESIMIS dalah singkatan dari : PEnyakit SI MISkin

Resiko vs Rejeki :

Suatu ketika saya pernah membaca buku “Sejarah Berdirinya Resiko” dibuku itu disebutkan bahwa resiko berbanding lurus dengan rejeki. Apabila resiko yang dihadapi kecil maka rejekinya juga kecil, dan sebaliknya bila resiko yang dihadapi besar maka rejeki yang akan diterima juga besar. Pelayan restoran resikonya memecahkan piring, maka rejekinya juga sepiring. Pengusaha restoran resikonya memecahkan restoran dan rejekinya juga sebesar restoran.


Hutang Budi dan Hutang Bank :
Untuk mengembang usaha seringkali kita perlu bekerjasama dengan lembaga keuangan agar bisnis kita cepat berkembang. Pada suatu saat mulai mengembangkan usaha,lalu memberanikan diri untuk meminjam ke Bank BTN sebesar Rp.50jt. Dua tahun kemudian ingin mengembangkan usaha lagi dan mendapatkan pinjaman dengan jaminan yang sama sebesar 100jt dari Bank BNI, sehingga hutang di bank BTN sebesar Rp.50 juta lunas dan sekarang mendapat tambahan modal sebesar Rp.50jt lagi. karena nilai asset  terus naik, setahun kemudian mendapat tawaran dari bank lain sebesar Rp.300jt dan dengan hati di ambil untuk pengembangan usaha. Sehingga hutang di bank BNI sebesar Rp.100jt akhirnya juga lunas. Sekarang  malah mendapat tambahan modal usaha lagi sebesar Rp.200jt. Seperti kata pepatah, hutang budi dibalas budi, hutang Bank, dilunasi Bank. 

Bijak terhadap diri sendiri dan orang lain :

Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita
adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba
itulah kita menemukan dan belajar membangun
kesempatan untuk berhasil.

Anda hanya dekat dengan mereka yang anda
sukai. Dan seringkali anda menghindari orang
yang tidak tidak anda sukai, padahal dari dialah
Anda akan mengenal sudut pandang yang baru.

Tinggalkanlah kesenangan yang menghalangi
pencapaian kecemerlangan hidup yang di
idamkan. Dan berhati-hatilah, karena beberapa
kesenangan adalah cara gembira menuju kegagalan.

Jika anda sedang benar, jangan terlalu berani dan
bila anda sedang takut, jangan terlalu takut.
Karena keseimbangan sikap adalah penentu
ketepatan perjalanan kesuksesan anda.

Jangan menolak perubahan hanya karena anda
takut kehilangan yang telah dimiliki, karena
dengannya anda merendahkan nilai yang bisa
anda capai melalui perubahan itu.

Orang lanjut usia yang berorientasi pada
kesempatan adalah orang muda yang tidak
pernah menua,tetapi pemuda yang berorientasi
pada keamanan, telah menua sejak muda.

Hanya orang takut yang bisa berani, karena
keberanian adalah melakukan sesuatu yang
ditakutinya. Maka, bila merasa takut, anda akan
punya kesempatan untuk bersikap berani.

Kekuatan terbesar yang mampu mengalahkan
stress adalah kemampuan memilih pikiran yang
tepat. Anda akan menjadi lebih damai bila yang
anda pikirkan adalah jalan keluar masalah.

Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahui
mengapa didirikan. Jangan pernah mengabaikan
tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan
yang kemudian anda dapat.

Seseorang yang menolak memperbarui cara-cara
kerjanya yang tidak lagi menghasilkan, berlaku
seperti orang yang terus memeras jerami untuk
mendapatkan santan.

Bila anda belum menemukan pekerjaan yang sesuai
dengan bakat anda, bakatilah apapun pekerjaan
anda sekarang. Anda akan tampil secemerlang
yang berbakat.

Kita lebih menghormati orang miskin yang berani
daripada orang kaya yang penakut. Karena
sebetulnya telah jelas perbedaan kualitas masa
depan yang akan mereka capai.

Jika kita hanya mengerjakan yang sudah kita
ketahui, kapankah kita akan mendapat
pengetahuan yang baru ? Melakukan yang belum
kita ketahui adalah pintu menuju pengetahuan.

Anda tidak akan berhasil menjadi pribadi baru bila
anda berkeras untuk mempertahankan cara-cara
lama anda. Anda akan disebut baru, hanya bila
cara-cara anda baru.

Ketepatan sikap adalah dasar semua ketepatan.
Tidak ada penghalang keberhasilan bila sikap
anda tepat, dan tidak ada yang bisa menolong
bila sikap anda salah.

Jangan hanya menghindari yang tidak mungkin.
Dengan mencoba sesuatu yang tidak
mungkin,anda akan bisa mencapai yang terbaik
dari yang mungkin anda capai.

Salah satu pengkerdilan terkejam dalam hidup
adalah membiarkan pikiran yang cemerlang
menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang
mendahulukan istirahat sebelum lelah.

Bila anda mencari uang, anda akan dipaksa
mengupayakan pelayanan yang terbaik.
Tetapi jika anda mengutamakan pelayanan yang
baik, maka andalah yang akan dicari uang.

Waktu ,mengubah semua hal, kecuali kita. Kita
mungkin menua dengan berjalanannya waktu,
tetapi belum tentu membijak. Kita-lah yang harus
mengubah diri kita sendiri.

Semua waktu adalah waktu yang tepat untuk
melakukan sesuatu yang baik. Jangan menjadi
orang tua yang masih melakukan sesuatu yang
seharusnya dilakukan saat muda.

Tidak ada harga atas waktu, tapi waktu sangat
berharga. Memilik waktu tidak menjadikan kita
kaya, tetapi menggunakannya dengan baik
adalah sumber dari semua kekayaan

6 komentar:

  1. hebat sekali motivasinya.. terima kasih.. dengan membaca page ini membuat saya sadar diri akan kenyataan pada diri saya.. keep sharing ya.. :)

    BalasHapus
  2. semangat tetap maju dan pantang menyerah bila sudah mencoba ta ada kata gagal maju terus mencoba maka akan berhasil sukses mas yoga

    BalasHapus
  3. terimakasis motivasinya... salam sukses

    BalasHapus
  4. salam sukses juga mas roni semoga dengan berbagi semakin kita diberi kesuksesan

    BalasHapus